TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG ION' KHALIS SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 23 Januari 2012

Manfaat Bawang Putih




 
Manfaat Bawang PutihTanpa disadari terkadang sangat banyak hal hal disekitar kita yang sangat bermanfaat bagi kita. Seperti halnya bawang putih, mungkin selama ini  kita mengira bahwa bawang putih hanya bermanfaat untuk bumbu makanan. Kalau seperti itu ternyata pengetahuan kita tantang manfaat daun bawang sangatlah kurang, karena 



ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat, salah satun manfaatnya adalah untuk kesehatan kita.
Ternyata, bawang putih telah dijadikan sebagai pengobatan herbal sejak beberapa ribu tahun lalu. Kira kira pada tahun 2700 SM bawang putih telah dimanfaatkan sebagai obat kekebalan tubuh serta dan dimanfaatkan sebagai penghilang rasa letih. Setelah itu kira kira pada tahun 460 SM manfaat dari bawang putih telah mendapat pengekuan  dan pujian oleh hipokrates. Baru pada tahun 1914 saat perang dunia, bawang putih dimanfaatkan sebagai obat luka oleh tentara perancis.
Kandungan yang ada dalam Bawang putih terdiri dari berbagai macam komponen dengan banyak manfaat   antara lain menurunkan kadar kholesterol dalam darah, menghambat agregasi trombosit, meningkatkan aktifitas fibrinolitik, menghambat atherogenesis dan menurunkan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Selain itu Beberapa penelitian juga menunjukkan peranan bawang putih sebagai antioksidan maupun efek anti kanker.
Di Thailand Institute of Scientific and Technological Research dibuat kapsul berisi ekstrak bawang putih yang setara dengan 7 gram bawang putih segar setiap kapsul. Dosis yang dipakai adalah dua kali satu kapsul setiap hari selama 5 bulan. Pada bulan pertama pemberian kholesterol darah meningkat. Hal ini kemungkinan adanya pengikisan dari endapan lemak di pembuluh darah. Kholesterol HDL meningkat setelah 2 bulan pemberian.  Kadar kholesterol menurun bermakna setelah 8 minggu, namun penurunan kadar trigliserida baru terjadi setelah 5 bulan pemberian bawang putih.
Penelitian lain menunjukkan bahwa pemberian minyak esensial bawang putih setara dengan 1 gram bawang putih segar/ kgBB/ hari yang diberikan bersamaan dengan diet tinggi kholesterol, akan menurunkan kadar kholesterol , trigliserida serum. VLDL, LDL dan meningkatkan HDL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar