TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG ION' KHALIS SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 24 Februari 2012


Tips Mengurangi Radiasi Handphone


Tips Mengurangi Radiasi Handphone — Berikut saya tuliskan artikel tentang Tips Mengurangi Radiasi Handphone, karena tidak bisa kita pungkiri bersama bahwa pada era sekarang ini kebutuhan manusia akan teknologi informasi sangat penting sekali. Apalagi yang namanya handphone tau telephone cellular yang selalu melekat pada dori kita.
Memang HP sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kita. karena dengan adanya HP bisnis kita jadi semakin lancar, Silaturrohim jadi semakin mudah dan lain sebagainya.
Namun semua itu ada akibatnya, ada kemudahan pasti ada kesulitan, begitu juga dengan HP yang memberikan banyak sekali kemudahan pada diri saya dan teman-teman, tapi HP atau ponsel ternyata punya efek lain terhadap tubuh kita, Seperti yang dilaporkan Oleh Badan kesehatan dunia milik PBB WHO (World Healt Organisation) bahwa radiasi HP bersifat karsinogen artinya bisa menyebabkan kangker pada diri penggunanya akibat dari radiasi yang dipancarkan oleh HP tersebut.
Namun WHO tidak hanya menakut-nakuti seperti itu saja, sebagai organisasi kesehatan dunia WHO juga memberikan solusi agar pengguna ponsel bisa terhindar atau paling tidak bisa mengurangi dari efek radiasi ponsel.

Tips Mengurangi Radiasi Handphone

Berikut saya tuliskan beberapa Tips Mengurangi Radiasi Handphone yang di sampaikan oleh perwakilan badan kesehatan dunia (WHO):
1Gunakan HP yang memiliki fasilitas speaker
Memakai pengeras suara atau speaker disaat ngobrol  akan mengurangi energi atau tingkat kekuatan radiasi ponsel. Semakin jauh jarak teman-teman dari antena ponsel, semakin rendah sinyal radiasinya. Perlu diketahui bahwa kabel headset atau handfree pada kebanyakan HP juga bertindak sebagai antena, sehingga kabel tersebut bisa mengirimkan sejumlah radiasi elektromagnetik ke kepala pengguna.
2. Kirim pesan saja atau SMS
Jika teman-teman sangat  hobi SMS, ini waktunya teman-teman memaksimalkan hobi Teman-teman. Karena SMS atau mengirim teks membatasi durasi paparan radiasi, dan juga menjaga jarak ponsel dari kepala dan tubuh kita. Namun perlu diketahui bahwa seorang laki-laki  sebaiknya tidak melakukan SMS sambil memangku ponsel. Studi yang menemukan kerusakan vitalitas dan motilitas (sperma yang dapat bergerak sendiri secara spontan) sperma dilaporkan jumlahnya meningkat. Bisa juga, Keadaan seperti ini tidak akan baik pengaruhnya pada rahim.
3. Pilihlah mode offline.
Pada waktu HP tidak digunakan, biasakan untuk mematikannya tetapi hal ini tidak menagsikkan bagi sebagian orang. Atau bisajuga diatur menjadi offline, standalone, atau flight mode, yang akan mematikan pemancar atau transmitternya namun masih memungkinkan teman-teman untuk menggunakan ponsel yaitu dapat  untuk main game atau mendengarkan musik.Silahkan  buka aplikasi lain kecuali menelepon dan browsing internet.
4. Sebisa  mungkin dari kuping kiri ke kuping kanan. 
Jika pada keadaan  yang mengharuskan teman-teman untuk  menelepon, cobalah untuk memindahkan ponsel dari telinga kiri ke telinga kanan berulang kali. keadaan seperi ini dapat membatasi paparan pada satu sisi kepala saja, yang sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko tumor otak dan kanker kelenjar ludah pada telinga yang sering digunakan untuk mendengarkan ponsel.
5. Menghindari ruangan sempit.
Pada waktu teman-teman berada di lift, kereta, atau mobil, dianjurkan tidak  sering menelepon. Karena ruangan sempit bisa menahan sinyal dari tower repeater sehingga logikanya HP kita akan mengeluarkan energi yang lebih besar untuk menangkap sinyal dari Tower repeater tersebut.
6. Jika sinyal lemah berhati-hatilah.
Sebisa mungkin tidak menggunakan HP saat  sinyalnya lemah, atau ketika teman-teman sedang berkendara di dalam mobil yang melaju sangat cepat (kereta api juga termasuk). Hal ini secara otomatis akan memicu kekuatan sinyal hingga maksimum, karena ponsel berusaha terhubung ke antena / tower relay yang baru.
7. Jangan lama-lama dalam menelephone
Menelepon sebaiknya tidak usah terlalu lama. Sebaiknya gunakan telepon rumah.  karena telephone rumah menggunakan kabel jadi radiasinya hampir tidak ada.
8. Dalam bermain-main dengan smartphone coba dikurangi.
Gadget atau perangkat telephone genggam seperti BlackBerry atau iPhone mengeluarkan emisi yang lebih tinggi dari pada ponsel biasa, karena perangkat seperti itu bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna.
9. Ketika ponsel belum tersambung jauhkanlah.
Sesaa jika teman-teman telah menekan tombol nomor ponsel yang akan teman-teman hubungi , disarankan tidak  langsung mendekatkan ponsel ke telinga. Pada keadaan tersebut, HP  sedang berusaha terkoneksi, dan sedang mengirimkan sinyalnya yang terkuat.
10. Diusahakan tidak mengantongi ponsel.
Ada sebuah  penelitian, bahwa ditemukannya laki-laki  yang membawa HP-nya di dalam kantong celana cenderung memiliki jumlah sperma yang 25 persen lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pria lain yang tidak menyimpan ponselnya di saku celana.
11.Tidak meletakkan HP di tempat tidur.
Teman-teman mungkin memerlukan alarm pada HP untuk membantu teman-teman bangun pagi atau untuk sholat. Namun, usahakan tidak meletakkan HP di dekat posisi kepala. Karena apa yang disebut dengan medan elektromagnetik dapat mengurangi produksi melatonin pada tubuh, dan penyapu radikal bebas yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan DNA. Kerusakan DNA dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar