TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG ION' KHALIS SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 24 Februari 2012


Makanan Penambah Darah

Makanan Penambah Darah – Jika teman-teman sedang mencari artikel tentang makanan penambah darah , teman-teman berada di tempat yang tepat, karena kali ini saya akan menuliskan artikel tentangmakanan penambah darah yang saya ambil dari berbagai sumber. Sebelumnya saya juga telah menuliskan artikel tentang Resep Tumis Kangkung Makanan Penambah Darah, jika teman-teman ingin melihatnya silahkan klik di sini

Jika tidak ditangani dengan serius, kurang darah  atau yang lazim disebut anemia bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, segera mengobati anemia  atau kurang darah dengan nutrisi tepat dan makanan yang sehat harus dilakukan dengan baik.

Makanan Penambah Darah

Kekurangan darah merah atau yang biasa dikenal sebagai penyakit anemia merupakan suatu gejala yang dikarenakan oleh kurangnya zat besi di dalam tubuh. Zat besi adalah bahan dasar dalam pembentukan hemoglobin pada darah yang tugasnya membawa banyak oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Rendahnya kandungan besi di dalam tubuh penderita anemia menyebabkan sel darah merah yang diproduksinya pun sedikit.
Beberapa makanan penambah darah yang baik untuk penyakit kurang darah merah atau anemia diantaranya Jamur tiram, udang, hati sapi, daging kambing, telur, susu, kacang tanah,  sayuran hijau dan lain-lain.

Makanan Penambah Darah

makanan penambah darah1. Jamur tiram, Setiap 100 gram jamur tiram segar mengandung 45,65 kalori, 8,9 miligram (mg) kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.
2. Udang, Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya.
3. Hati Sapi, Hati sapi sangat kaya akan zat gizi, terutama kandungan retinol yang mencapai 13303 ug/100 g. Nutrisi lain yang tidak kalah pentingnya adalah protein 19.7 g, lemak 3.2 g, kalsium 7 mg, fosfor 358 mg dan zat besi 6.6 mg.
4. Daging Kambing, Kaya akan protein berkualitas tinggi dan zat besi. Konsumsi daging kambing juga akan meningkatkan penyerapan zat besi nonheme dari makanan nabati. Daging kambing juga kaya akan seng
5. Telur, Menurut ahli gizi, sumber makanan yang komplet untuk memenuhi kebutuhan zat besi sekaligus mengatasi radang penderita anemia adalah telur ayam.
6. Susu, Berdasarkan kandungan gizi dari komposisi susu sapi per 100 gram, terdapat kalori 61 Kkal, protein 3,2 gram, lemak 3,5 gram, karbohidrat 4,3 gram, kalium 1.200 mg, kalsium 143 mg, fosfor 694 mg, besi 1,7 mg, vitamin B1 0,03 mg, dan vitamin C sebanyak 1 mg
7. Kacang tanah,  Selain gizinya tinggi, semua jenis kacang – kacangan juga kaya akan natrium, kalsium, polifenol antioksidan terutama senyawa asam p-coumaric, zat besi dan niacin. Mineral ini bisa membantu pemulihan kerusakan sel dan melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer.
8.  Sayuran hijau, Klorofil (zat hijau daun) pada sayuran hijau merupakan pigmen dari tanaman yang warnanya hijau dan terdapat dalam kloroplas sel tanaman. Klorofil mempunyai struktur kimia yang hampir mirip dengan hemoglobin (sel darah merah). Sehingga menurut penelitian para ahli gizi, klorofil dapat dimanfaatkan untuk merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia.
Dan masih banyak yang lainnya, demikianlah artikel makanan – makanan penambah darah yang saya ambil dari berbagai sumber, semoga bermanfaat dan terimaksih telah membaca artikel tentang makanan penambah darah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar